Santri Dayah Al Fathani belajar Bahasa Arab dan Khat

Banda Aceh – Salah satu program yang dilakukan di Dayah Al Fathani yaitu kelas Bahasa Arab yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan pada setiap malam Kamis pukul 21.00 wib. Kelas Bahasa Arab ini tidak diwajibkan untuk santri hanya saja program pendukung agar para santri mengerti dan mengetahui Bahasa Arab secara umum, di samping dari program tetap yaitu kelas Tahfidz dan kelas Kitab. Para santri yang ikut serta dalam kelas Bahasa Arab yaitu seluruh santri yang mau belajar Bahasa Arab baik itu santri Tahfidz maupun santri Kitab.

Guru/ustadz yang mengajar Bahasa Arab tersebut merupakan alumni dari Al Azhar University Kairo, Mesir. Beliau adalah ustadz Khairul Rafiqi, Lc,. MA selain mengajar Bahasa Arab, ustadz Rafiqi juga mengajarkan pelajaran Khat yang dilaksanakan pada hari selasa malam Rabu pukul 21.00 wib. Khat adalah seni menulis yang digunakan untuk penulisan huruf atau abjad dalam bahasa Arab. Istilah ini sering disamakan dengan kaligrafi. Namun, dalam penggunaanya, kaligrafi dapat digunakan untuk huruf latin, sedangkan tahsinul khat hanya diperuntukkan untuk huruf Arab.

“Antusias mereka dalam belajar Bahasa Arab dan Khat begitu semangat, hampir 90% santri mengikuti pelajaran tersebut”, ungkap Ustadz Salikhin selaku penggung jawab kelas Tahfidz.

Dengan adanya pelajaran Khot ini maka santri dapat mengembangkan dan mengasah hobbi serta minat mereka.

“Tujuan diadakannya kelas Bahasa Arab dan Khat ialah agar para santri mampu dalam muhadatsah dan mampu menulis atau menggambar huruf Arab dengan indah”, ungkap Ustadz Auliasyah selaku pimpinan Dayah. AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *